Pemanfaatan Teknologi Informasi
Pemanfaatan Teknologi Informasi saat ini banyak digunakan di segala bidang. Baik di kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang perkantoran. Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sangat berperan penting dan berpengaruh di era globalisasi ini.
Semakin berkembangnya perusahaan jasa saat ini. Semakin menuntut mudahnya fasilitas informasi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan jasa. Contoh fasilitas informasi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan jasa, antara lain melalui promosi iklan di televisi, radio, koran, majalah, bahkan melaui spanduk/famplet di jalan. Namun semakin banyaknya kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna jasa, tentang informasi-informasi perusahaan jasa yang dipilih. Berkembanglah fasilitas informasi melalui telepon. Yang dikembangkan saat ini dengan nama Call Center. Saat ini banyak perusahaan jasa yang menawarkan fasilitas informasi melalui sistem Call Center ini.

Contoh pada perusahaan jasa di bidang makanan (Fast Food), mereka sudah menggunakan sistem komputerisasi. Untuk sistem informasi harga, no telepon restaurant, dan alamat restaurant dapat di informasikan para petugas Call Center. Petugas Call Center hanya perlu melihat data yang sudah tersimpan. Dengan cepat informasi yang dibutuhkan akan muncul untuk disampaikan kepada pelanggan. Tidak hanya itu, di Call Center pun kita dapat memesan makanan yang diinginkan. Sistem yang digunakan pun sudah online. Secara otomatis data pesanan yang sudah kita pesan akan sampai di restaurant terdekat dengan wilayah pemesan.

Dan bukan hanya perusahaan jasa dalam bidang makanan saja. Saat ini perusahaan dalam bidang jasa rumah sakit pun telah menggunakan sistem informasi Call Center ini. Tidak hanya untuk sekedar informasi jadwal dokter praktek, promo yang sedang berjalan, alamat rumah sakit maupun no telepon rumah sakit. Call Center pun dapat mendaftarkan pasien yang ingin melakukan kontrol ke dokter. Dengan fasilitas ini pasien dengan mudah mengetahui jadwal dokter praktek maupun mendaftarkan jadwal kontrol ke dokter. Tanpa harus jauh-jauh datang ke rumah sakit hanya sekedar untuk mendaftarkan jadwal kontrol.
Pemanfaatan Teknologi Informasi ini sangat membantu manusia dalam mempermudah melakukan pekerjaan dan untuk mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar